Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen Source: goodyfeed.com
01 Jan/2020

Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen

Sebagiaan besar orang mengetahui menguap sebagai tanda kurangnya tidur atau kondisi dimana seseorang merasa ngantuk. Tapi, benarkah menguap merupakan tanda bahwa seseorang mengantuk?. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jika seseorang menguap, itu pertanda bahwa tubuh sedang mengantuk. Namun menguap bukan hanya pertanda jika seseorang tersebut merasa mengantuk, tapi menguap juga bisa menjadi tanda bahwa seseorang merasa bosan. 

Jika seseorang merasa bosan dengan hal yang dilakukan, biasanya reflek tubuh akan menunjukkan kegiatan menguap. Hal tersebut terjadi karena saraf pada tubuh merasa kelelahan dengan apa yang dilakukan. Atau seperti ketika Anda sedang bekerja, lalu tiba-tiba Anda menguap walau tidak merasa mengantuk. Hal tersebut bisa dikarenakan tubuh kekurangan oksigen.Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi oksigen yang ada pada otak agar tidak mudah menguap ketika Anda sedang bekerja.

Namun ada hal lain yang membuat tubuh menguap, berikut ini hal-hal yang bisa mengakibatkan diri Anda menguap.

Menguap Berfungsi untuk Mendinginkan Otak

Menguap sebagai kegiatan pendinginan otak. Ketika Anda bekerja dengan berfikir, otak akan merasa kelelahan. Tubuh akan merespon hal tersebut dan akan melakukan kegiatan menguap agar otak kembali dingin. 

Dengan menguap, rongga rahang akan terbuka dan aliran darah pada leher akan meningkat. Aliran yang meningkat menuju ke otak yang berfungsi sebagai pendingin pada otak. Pada saat mengambil napas dalam-dalam, udara yang diambil akan mengalir pada arteri dan kembali ke otak. Hal tersebut akan mendorong hawa panas pada otak untuk keluar.

Tanda Kekurangan Oksigen?

Otak merupakan sistem terpenting yang berguna sebagai pengatur semua bagian yang ada pada tubuh. Karena itu, otak memerlukan banyak oksigen untuk memaksimalkan kinerja pada tubuh. Namun sebuah peneliti membuktikan, bahwa seseorang menguap ternyata bukan dikarenakan kekurangan oksigen. 

Otak yang merasa kepanasan, akan melakukan kegiatan menguap sebagai sistem untuk mendinginkan kembali. Otak memiliki sistem pendingin sendiri agar tetap terjaga kadar suhunya. Ketika otak terasa panas, sistem akan bekerja dengan cara menguap untuk mendinginkan otak kembali.

Mengatasi Menguap saat Bekerja

Menguap merupakan kondisi yang tidak bisa diprediksi. Bisa saja Anda menguap ketika sedang bekerja, presentasi pekerjaan, atau ketika rapat bersama bos penting. Hal tersebut akan membuat Anda malu. Anda bisa mengatasi menguap saat bekerja dengan melakukan kegiatan berikut ini.

1. Menarik napas dalam-dalam

Dengan mengambil napas dalam-dalam, oksigen yang ada pada otak akan bertambah. Oleh karena itu, anda harus menarik napas dalam-dalam agar otak meningkatkan kadar oksigen dan tidak membuat Anda menguap. Lakukan pernapasan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.

2. Minum minuman yang dingin

Menguap merupakan kondisi dimana otak merasa lelah. Oleh karena itu, minum minuman yang dingin bisa membuat otak kembali dingin dan menguap bisa berkurang. Ketika Anda berada pada tempat yang tidak memungkinkan untuk minum, Anda bisa memegang botol dingin agar tidak menguap.


3. Kompres kepala dengan es

Ketika Anda bekerja di kantor dan Anda menguap secara tiba-tiba. Anda bisa mengambil es yang ada di lemari es kantor Anda atau Anda juga bisa membeli es batu di kantin kantor Anda. Kompres kepala Anda dengan es agar otak kembali dingin.


Artikel Lainnya

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Bekerja merupakan kegiatan sehari-hari agar bisa tercukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang...

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Genangan air sudah menjadi hal yang biasa pada s...

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Dengan berkembangnya teknologi dan perusahaan secara global, istilah 'gig economy' saat ini memang m...

Tips untuk Work-life Balance yang Lebih Maksimal

Tips untuk Work-life Balance yang Lebih Maksimal

Kehidupan yang saat ini kebanyakan orang jalani bisa jadi tidak memenuhi Work-life balance. Misalkan...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once