Kandungan Gizi yang ada Pada Ikan Sarden
08 Jan/2020

Kandungan Gizi yang ada Pada Ikan Sarden

Ikan laut ini merupakan ikan yang mengandung banyak manfaat baik untuk tubuh. Sarden memiliki ukuran yang kecil. Nama sarden sendiri diambil dari nama asalnya yaitu pulau Sardania. Ukuran kecil bukan berarti tidak bermanfaat untuk manusia. Sebelum Anda memasak ikan sarden, terlebih dahulu ketahui kandungan gizi yang terdapat pada ikan sarden.

1. Tingginya Lemak Tak Jenuh

Kandungan lemak tak jenuh pada ikan berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol. Ikan sarden juga berguna untuk mengurangi resiko terserangnya penyakit jantung, pembekuan darah, peningkatan kolesterol, serta menurunkan tekanan  darah tinggi. 

Dengan adanya kandungan lemak tak jenuh pada ikan sarden, Anda bisa menghindari penyakit-penyakit yang bisa membahayakan tubuh Anda. Mengkonsumsi  ikan sarden sangat dianjurkan agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Omega-3

Kandungan omega-3 pada ikan sarden sangat bagus untuk menambah kemampuan sistem kinerja pada otak anak-anak. Omega-3 dapat memperkuat daya ingat pada otak,. Untuk para orang tua, kandungan omega-3 pada ikan sarden berguna untuk mengatasi radang persendian yang bisa saja terjadi akibat bertambahnya usia dan menurunnya kekuatan pada tulang. Fungsi lain dari omega-3 yaitu dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Rendah Kalori

Bagi Anda yang ingin atau sedang menjalankan diet, mengkonsumsi ikan sarden adalah pilihan yang tepat. Sarden merupakan makanan yang rendah kalori, hal ini sangat mendukung program diet yang sedang Anda jalankan.

Dengan berolahraga yang teratur, serta mengkonsumsi ikan sarden, Anda bisa dengan mudah untuk mengatasi masalah berat badan. Namun Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang lainnya biar makanan yang Anda konsumsi bisa seimbang.

Apakah ikan sarden dalam kaleng aman untuk dikonsumsi?

Jika Anda ingin merasakan manfaat dari kandungan yang ada pada ikan sarden, Anda harus membeli ikan sarden yang segar (bukan kemasan kaleng). Ikan sarden yang dikemas dalam kaleng, diproduksi melalui proses pengawetan yang menggunakan bahan kimia. Pengawetan dengan bahan kimia berjenis BPA tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada jantung, diabetes, dan disfungsi seksual pria. 

Walau pengawet BPA pada ikan sarden tergolong sedikit, namun bahan kimia tersebut bisa berpindah ke makanan yang Anda konsumsi. Tambahan garam, gula, serta bahan pengawet lainnya juga tak luput dari campuran sarden kaleng. Penambahan gula dan garam difungsikan agar ikan sarden kalengan bisa tambah awet. 

Jika Anda orang yang memiliki penyakit darah tinggi atau diabetes, Anda perlu membaca komposisi yang ada pada ikan sarden sebelum Anda membelinya. Pilih kemasan yang bagus, tidak penyok atau tidak kembung. Kondisi kaleng juga mempengaruhi bagaimana kandungan kimia yang ada di dalam terkontaminasi. 

Bukan berarti ikan sarden kemasan kaleng tidak memiliki gizi, masih terdapat kandungan gizi omega-3, kalsium, kalium, protein, vitamin D, selium, dan natrium yang ada pada ikan sarden kalengan. Dengan proses kimia yang dilakukan pada saat pengemasan, sebagian nutrisi pada ikan sarden bisa jadi hilang. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once