Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya
02 Jan/2020

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, teknologi yang berkembang bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga bidang otomotif. Tak hanya mengandalkan kualitas mesin yang mumpuni serta bahan bakar yang berkualitas, kini dunia otomotif mulai diramaikan dengan kendaraan yang diklaim lebih ramah lingkungan, dengan perawatan yang lebih mudah. Kendaraan bertenaga listrik, adalah kendaraan yang menawarkan diantaranya dua kemudahan tersebut. KIni, semakin banyak mobil dan motor listrik yang mulai dikembangkan oleh industri-industri otomotif. Lalu seperti apakah mobil listrik secara keseluruhan? 

Kelebihan Mobil Listrik

Hemat Bahan bakar

Mobil listrik menggunakan tenaga listrik yang bisa Anda isi pada saat tenaganya habis. Namun mobil konvensional harus menggunakan bahan bakar minyak yang harganya juga lebih mahal daripada pengisian listrik yang ada pada mobil listrik.

Tenaga mobil listrik yang diisi penuh dapat melaju dengan jarak 120 kilometer dan memerlukan biaya hanya sebesar Rp 75.000 saja. Hal tersebut menjadikan mobil listrik lebih murah karena jika Anda menggunakan mobil konvensional biasa, maka jarak tersebut bisa makan biaya bahan bakar dua kali lipat dibanding mobil listrik.

Ramah lingkungan

Mobil listrik yang berjalan tidak akan menghasilkan senyawa yang dapat mengotori udara akibat pembakaran pada mesin. Mobil listrik disebut juga mobil yang ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi karbon dioksida  ke udara. Suara yang dihasilkan pada mobil listrik juga tidak seperti mesin mobil pada umumnya yang menggunakan mesin diesel dan memiliki suara yang bising. 

Perawatan Lebih Mudah

Berbeda dengan mobil konvensional biasa yang harus melakukan perawatan kusus seperti mengganti oli atau membersihkan mesin yang sudah kotor. Mobil listrik hanya membutuhkan perwawatan baterai saja dan perawatannya jugaa cukup murah.

Kemudahan

Mobil listrik memiliki tenaga yang dihasilkan dari aliran listrik. Jika listrik yang ada pada mobil habis, Anda bisa mengisi ulang di pos-pos yang sudah disediakan di pinggir jalan. Anda juga bisa mengisi sendiri dirumah dengan menggunakan aliran listrik rumah Anda ,dan hanya menghubungkan listrik dengan lubang charger yang sudah disediakan pada mobil.

Kekurangan Mobil Listrik

Jarak dan waktu isi ulang

Mobil listrik membutuhkan pengisian ulang pada saat jarak beberapa meter. Pada jarak 120 kilometer, mobil listrik harus mengisi listrik selama 6 jam penuh. Karena kapasitas pada baterai mobil listrik masih tergolong rendah. Oleh karena itu setiap beberapaa kilometer, mobil listrik ini memerlukan pengisian ulang.

Kecepatan rendah

Mobil listrik merupakan mobil yang tenang dan santai. Mobil ini tidak cocokk untuk Anda yang menyukai berkendara dengan kecepatan tinggi. Mobil listrik sangat berbeda dengan mobil konvensional karena mobil listrik tidak bisa dimodifikasi sendiri komponennya. Salah memodifikasi mesin, bisa mengakibatkan konsleting atau bisa juga mengalami kebakaran.

Mahal

Karena masih diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas, harga mobil listrik cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensiona. Dengan biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk membeli mobil listrik ini, memang tidak semua orang bisa membeli mobil yang memiliki harga sangat mahal ini. 

Kendaraan, memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda termasuk orang yang mennyukai benda-benda yang ramah lingkungan, maka mobil listrik ini akan sangat cocok untuk Anda.

Artikel Lainnya

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk membayar pajak. Kita diharuskan pergi ke samsat untuk ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Memiliki wajah cantik dan halus bak model menjadi banyak impian bagi para kaum hawa. Banyak yang rel...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once