Inilah Penyakit-Penyakit yang Bisa Menular Melalui Udara
20 Nov/2019

Inilah Penyakit-Penyakit yang Bisa Menular Melalui Udara

Hampir seluruh penyakit yang diderita seseorang bisa menjangkit siapa saja yang memiliki imunitas tubuh rendah. Salah satu penyebaran penyakit adalah melalui udara atau mulut. Hal ini dikarenakan mulut memiliki sifat lembab yang sangat rentan terhadap penyakit dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Berikut adalah penyakit yang harus Anda waspadai, karena bisa menular melalui udara.

 

Meningitis

Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada otak akibat adanya infeksi bakteri, virus, jamur atau protozoa. Penyebarannya dapat melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita, serta melalui droplet yang tersebar melalui udara.

 

Tuberkulosis

Penyakit tuberkolosis atau yang lebih dikenal dengan TBC ini, mampu menjangkit seseorang melalui media udara. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang ditularkan melalui udara. Terpapar udara yang terkontaminasi dengan virusnya saja, Anda bisa terjangkit penyakit TBC ini, apalagi jika Anda berkontak langsung dengan air liur sang penderita. Anda bisa mencegahnya dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, melakukan gaya hidup sehat, berjemur, atau olahraga.

 

Influenza

Droplet atau sebuah partikel kecil yang sama dengan gerimis yang dihasilkan oleh seseorang yang sedang batuk atau pada saat bersin. Nah, droplet yang keluar dari penderita influenza bersin atau batuk dapat dihirup oleh orang-orang di sekitarnya. Hal inilah yang bisa memebuat seseorang disekitarnya bisa terjangkit penyakit yang sama. Lindungi diri Anda dengan masker jika berada di tempat umum seperti bus atau transportasi laiinnya.

 

Hepatitis B

Beberapa orang tidak menyangka bahwa Hepatitis B mampu menjangkit seseorang dari media udara, kontak darah dan cairan tubuh lainnya. Berkontak langsung dengan liur atau darah dari tubuh penderita hepatitis B bisa membuat Anda berisiko berlipat ganda untuk mengalami penyakit yang sama. Solusinya adalah jaga diri Anda tetap sehat bugar agar tidak mampu terjangkit berbagai penyakit berbahaya.

 

Gunakanlah selalu masker di tempat-tempat umum, agar bisa meminimalisir kemungkingan terjadinya penularan penyakit melalui udara. Anda juga bisa memulai hidup sehat dan t Tubuh yang meiliki daya tahan tubuh yang kuat maka akan tidak mudah terkena penyakit, bahkan dari media udara. Semoga Anda sehat selalu.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once