Kandungan Gizi Pada Labu Siam source: merdeka.com
24 Jan/2020

Kandungan Gizi Pada Labu Siam

Labu siam merupakan sayuran yang sering di buat olahan sebagian besar masyarakat Indonesia. Pada umumnya labu siam dibuat menjadi olahan seperti sayur lodeh, lalapan, tumis labu, dan lontong sayur. Labu siam bisa langsung dinikmati dengan cara direbus. Rasanya yang manis akan menambah kenikmatan pada saat menkonsumsi labu siam tersebut. Manfaat dan kandungan yang terdapat pada labu siam juga harus Anda ketahui sebelum Anda mengolah sayuran tersebut. Berikut ini kandungan gizi dan manfaat yang ada pada labu siam.

Kandungan Gizi Pada Labu Siam

Kandungan gizi labu siam bisa menurunkan beberapa penyakit seperti kolesterol dan dapat menurunkan lemak jenuh. Labu siam sering digunakan untuk penurun kolesterol dan makanan saat diet. Labu siam juga mengandung serat, antioksidan, zat besi, mangan, fosdor, seng, potassium, tembaga, vitamin B1, B2, B6, dan vitamin C. Pembentukan sel dan sintesis DNA juga sangat terpengaruh, dan bisa memanfaatkan labu siam untuk menyempurnakannya.

source: www.sehatq.com
source: www.sehatq.com

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

1. Baik untuk wanita hamil

Bagi ibu hamil kesehatan sang buah hati merupakan faktor terpenting dalam menjaga kesehatan saat hamil. Mengkonsumsi labu siam bisa menjaga kesehatan janin pada saat hamil. Kandungan vitamin B9 bisa membantu menyempurnakan pembentukan organ dalam janin. Jika janin kekurangan folat (vitamin B9) bisa mengakibatkan cacat pada janin.

2. Menjaga kolesterol

Jika kolesterol pada tubuh Anda tinggi, Anda bisa memanfaatkan labu siam agar kolesterol Anda bisa menurun. Kandungan kolesterol serta lemak jenuh yang rendah, dapat membantu menjaga tubuh agar kolesterol bisa tetap setabil.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Sifat deuretik yang ringan pada labu siam bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh Anda. Mengkonsumsi segelas jus labu siam bisa membatu menurunkan tekanan darah tinggi Anda, dan membuatnya tetap stabil. 

4. Mengatasi anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada labu siam bisa mengataasi masalah anemia pada tubuh Anda. Kekurangan zat besi pada tubuh bisa membuat tubuh mengalami masalah anemia, yang akan membuat tubuh Anda lelah setiap saat, tidaak bertenaga, tidak fokus, dan pusing.

5. Sebagai anti kanker

Radikal bebas bisa mengakibatkan tumbuhnya sel kanker yang ada pada tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan pada labu siam, sel kanker yang mengancam tubuh dapat dikendalikan. 

Manfaat labu siam sangat banyak dan mungkin tidak semua orang mengetahuinya. Jika Anda menginginkan tubuh yang sehat tanpa ada gangguan penyakit yang akan mengganggu tubuh Anda, Anda bisa mengkonsumsi labu siam dengan cara direbus, jus, atau makanan favorit Anda lainnya, dengan tetap memperhatikan kebutuhan tubuh Anda.

Artikel Lainnya

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Memasuki Tahun Baru 2021, Kasus Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 belum juga menemukan ...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...