Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia Photo by @vickyng on Unsplash
01 Mar/2021

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Berkat arus globalisasi di abad 20-an ini, membuat semua negara-negara lebih dekat dari media-medianya. Tontonan bahkan siaran di luar negeri bisa juga kita saksikan di negara kita, termasuk Korea Selatan dengan semua tren disana yang masuk ke Indonesia, membuat kita mudah mendapatkan informasi dari negeri ginseng tersebut. Termasuk juga trend fashion, kecantikan, dan makanan juga, sampai banyak kedai-kedai makanan yang bertemakan tentang masakan Korea.

Jujur deh, keseringan nonton drama korea bikin kita jadi hafal jenis makanan-makanan korea kan? Pasti makanan korea pertama yang kita cobain setelah nonton drakor adalah Kimchi. Olahan sayur sawi yang ternyata Indonesia juga punya namanya Asinan Sawi!

Lalu apa aja ya makanan Korea yang mirip sama makanan Indonesia? Apa jangan-jangan Chefnya Sama? Hahaha

1. JajangmyeonJajaJ dan Mie Ayam

Jajangmyeon adalah makanan berbentuk mie yang sering muncul di variety show korea setelah ramyeon. Jajangmyeon ini dilengkapi dengan daging dan disiram saus keledai hitam. Cukup mirip dengan Mie Ayam khas abang-abang gerobakan, tinggal dikasih kecap saja bukan?

2. Odeng (Fish Cake) dan Otak-Otak

Kedua camilan ini sama-sama terbuat dari bahan dasar ikan. Hanya saja kebanyakan odeng disajikan dengan kuah, dan otak-otak hanya di goreng. Ini camilan paling enak dan sangat patut kamu coba di streetfood korea.

3. Japchae dan Bihun Goreng

Gambar cukup menjelaskan. Sama sekali tidak melihat perbedaan bukan? Mungkin saja resep bihun goreng ternyata dari Korea, atau sebaliknya? Hahaha, jangan dipikir rumit, makanan ini menjadi rekomendasi makanan untuk keluarga.

4. Bokkeumbap dan Nasi Goreng

Nasi Goreng versi Korea disebut Bokkeumbap. Yang membedakan adalah bokkeumbap menggunakan campuran kimchi dan ditaburi irisan rumput laut. Sedangkan Nasi Goreng cenderung memakai kerupuk, lalapan segar dan tentunya bawang goreng.

5. Tteokbokki dan Cilok

Dari bentuk, tekstur dan rasanya semuanya sama persis. Ini merupakan camilan favorit juga buat kamu yang mau cobain makanan korea untuk pertama kalinya. Bedanya tteokbokki terbuat dari tepung beras sedangkan aci terbuat dari tepung tapioka. Sama-sama endul!

6. Bibimbab dan Nasi Pecel

Bibimbab ternyata mirip juga dengan nasi pecel ya guys! Sama-sama nasi yang dicampur oleh aneka sayuran. Bibimbab sendiri terdiri dari nasi, telur, aneka sayuran, daging, dan saus gochujang. Sedangkan nasi pecel terkenal dengan nasi, aneka sayuran, kuah kacang, dan lebih enak dicampur dengan rempeyek. Mantul bangett!

7. Pajeon dan Bakwan

Uniknya kedua makanan ini. Pajeon dari Korea yang terbuat dari daun bawang, tepung terigu, tepung beras, dan bahan lainnya ternyata memiliki kesamaan dengan bahan-bahan yang digunakan membuat bakwan.

8. Namul dan Kangkung

Salah satu sayuran yang wajib ada di meja makan orang Korea adalah Namul, mirip sekali dengan sayur kangkung. Tetapi Namul dimasak dengan cara direbus sebentar dan dapat disimpan dilemari es seperti kimchi.

9. Gangjeong dan Enting

Mungkin kalau kamu membawa enting-enting ke Korea, kamu dikira membeli Gangjeong. Tapi memang mirip bukan? Rasanya sama-sama manis, tetapi gangjeong terbuat dari wijen sedangkan enting-enting umumnya terbuat dari kacang tanah dan gula merah.

10. Gamja dan Semur Kentang Dieng

Siapa sangka kalau dieng ternyata mempunyai kuliner yang juga dimiliki oleh Korea? Yup ini dia Semur Kentang Dieng dan Gamja. Sama-sama dari olahan kentang dan direbus dengan campuran kecap manis. Masakan ini patut dicoba dari dapurmu juga ya!

Ternyata makanan korea banyak juga yang dapat dibuat atau ditemukan di Indonesia ya. Kamu sendiri lebih suka mencicipi dari chef Korea atau dari chef Indonesia?

Artikel Lainnya

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Bagi seorang anak kost, tentunya kita ingin untuk bisa memasak makanan yang enak dan sehat. Tidak me...

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Hayo siapa di sini yang sudah nonton drama Korea ter-hits 2020? Apalagi kalau bukan drama Korea "Sta...

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

Hai Sobat Kulineran!Passionkita dalam mencicipi segala jenis makanan kayaknya ga perlu d...

Cara Mengolah Ayam Jadi Kari Dengan Mudah

Cara Mengolah Ayam Jadi Kari Dengan Mudah

Sudah bukan hal baru lagi jika daging ayam adalah olahan paling ragam untuk masakan lokal Nusantara....

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once