Manfaat Air Untuk Tubuh Kita
24 Apr/2019

Manfaat Air Untuk Tubuh Kita

Setiap manusia memerlukan air untuk kelangsungan hidupnya, normalnya manusia memerlukan 2 liter air atau minimal 8 gelas minum dalam sehari. Orang dewasa akan mengeluarkan cairan yaitu berupa urin 1,5 liter setiap harinya. selain melalui urin, cairan dalam tubuh juga keluar melalui pernafasan, keringat, serta melalui pergerakan pada usus manusia. Makanan yang kita makan setiap hari hanya menyumbang cairan sebanyak 20%, itu sangat kurang untuk tubuh kita, dengan begitu air merupakan peranan penting dalam tubuh manusia agar tubuh tidak kekurangan air dan menyebabkan dehidrasia pada tubuh.

Bukan hanya manusia yang membutuhkan air, Hewan, tumbuhan dan alam juga membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Bumi merupakan pelanet yang sangat subur dan sebagian besar merupakan daerah perairan, maka dari itu agar bumi ini terjaga ekosistemnya jaga dengan cara tidak menebang pohon yang menjadi jantung bumi ini. Tubuh akan bekerja secara normal jika asupan energi dalam tubuh terjaga secara stabil begitujuga sebaliknya, jika kekurangan asupan air atau makanan tubuh akan bekerja tidak normal. 

Alasan orang malas minum air kebanyakan karna kesibukannya dalam bekerja atau malas buang air kecil ke kamar mandi, hal tersebut sangat berbahaya bagi tubuh kita karena bisa membuat tubuh menjadi gampang capek, lemas, lesu, serta gampang mengantuk. Hal tersebut terjadi karena tubuh menyerap cairan yang ada di darah untuk memenuhi kandungan air yang diperlukan tubuh kita. 

Kehilangan 4-6 persen cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kepala pusing, letih, lemah. Kehilangan cairan 12 persen dalam tubuh bisa menyebabkan kerja otot pada tubuh bekerja secara tidak normal. Jika tubuh kekurangan cairan 15-25persen itu sangat fatal untuk tubuh kita, akibatnya bisa mempengaruhi kesehatan ginjal kita. Akibat dari batu ginjal dan gangguan di saluran kandung kemih juga disebabkan dari fatalnya tubuh yang kekurangan air sebanyak 15-25 persen, maka tubuh harus diisi air secara cukup agar tubuh juga bisa bekerja secara normal. 

Jika kita meminum air secara cukup setiap hari maka tubuh kita akan mengalami perubahan yang sangat bagus, kulit juga akan menjadi bersih, oksigen yang masuk dalam tubuh juga akan semakin lancar, kelembapan kulit juga akan terjaga dan tampilan kita sehari-hari akan selalu segar karena tubuh tercukupi kadar airnya. Karena itu sebisa mungkin kita harus bisa menjaga konsumsi air setiap hari dan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari maka tubuh akan terhindar dari racun yang masuk melalui makanan atau minuman yang tidak sehat lainnya. 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once