Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh
29 Nov/2019

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah mengkonsumsi buah ini?. Buah tin atau yang sering dibilang buah ara ini memang sudah banyak di uji dalam kasiatnya. Buah yang sudah ada sejak 1400 tahun sebelum masehi ini merupakan buah yang serat dalam batangnya sering dijadikan baju oleh Adam dan Hawa.

Dulunya buah ini adalah buah musiman yang hanya ada di Asia bagian barat, kini buah tin sudah di budidayakan dan sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Kandungan mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah tin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah tin yaitu Vitamin C, Vitamin A, Vitamin K, Vitamin E, dan Vitamin B kompleks.

Terdapat juga kandungan mineral yang terkandung dalam buah tin yaitu kalium, zat besi, mangan, magnesium, zinc, zodium, dan selium. Anda bisa memakan buah tin secara langsung atau bisa juga dibuat sebagai minuman jus. Beberapa manfaat buah tin yang baik untuk tubuh yang harus Anda ketahui sebagai berikut :



1. Bagus untuk program diet.

Buah tin bagus untuk diet karena kandungan seratnya yang mampu membantu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh. Buah tin memiliki hanya 74 kalori yang bisa membantu untuk masa diet tubuh Anda. Selain itu, buah tin juga berguna sebagai pelembab dan perawatan kulit dari dalam secara alami.

2. Menjaga kesehatan jantung.

Kandungan serat dalam buah tin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan serat buah tin mengandung serat larut berupa pektin. Kadar kolesterol pada darah yang meningkat dapat menimbulkan plak yang bisa memicu penyakit jantung.

Kandungan mineral yang terdapat pada buah tin juga bisa membuat tekanan darah menurun, hipertensi atai darah tinggi merupakan penyakit yang bisa memicu serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah kanker dan masalah pencernaa.

Buah tin juga bisa mengatasi masalah pada pencernaan, kandungan pektin yang tidak bisa di temukan pada semua buah memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Zat tersebut berguna untuk kesehatan organ dalam pada pencernaan seperti kesehatan usus besar dan usus kecil. 

Buah tin juga bisa digunakan sebagai pencegah terjadinya kanker pada saluran pencernaan seperti kanker usus besar. Kandungan vitamin A, E, dan K berguna sebagai penangkal penyakit kanker yang bisa membahayakan tubuh.

4. Menjaga kesehatan mata.

Meski banyak buah yang berguna dan memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan mata, namun jika Anda mengkonsumsi buah tin ini, Anda akan mendapatkan segudang manfaat yang bisa Anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi satu jenis buah saja. Kansungan Vitamin A yang ada pada buah tin mampu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki penglihatan.

5. Mengatasi masalah seksual.

Buah tin berfungsi untuk mengatasi masalah seksual. Dengan mengkonsumsi buah tin dapat mengatasi masalah disfungsi seksual yang bisa menyerang kebanyakan laki-laki. Di beberapa negara, buah tin banyak digunakan sebagai obat kuat karena dipercaya bisa meningkatkan gairah seksual pada pria.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam buah tin dan bisa dibilang satu buah yang memiliki banyak manfaat serta mengandung banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once