Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Tubuh
26 Nov/2019

Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Tubuh

Jamu kunyit asam adalah salah satu jamu tradisional yang sudah sangat populer sejak zaman dahulu untuk menyembukan berbagai macam penyakit dan sekaligus mampu mengembalikan energi pada tubuh. Nah, berikut ini adalah cara membuat jamu kunyit asam di rumah dengan mudah:

 

Bahan:

40 gr kunyit

40 gr asam jawa

280 gr gula jawa

1,5 liter air

Sejumput garam

 

Cara membuat:

1. Siapkan bahan. Blender kunyit dengan sedikit air.

2. Potong-potong gula jawa agar cepat meleleh.

3. Rebus semua bahan sampai mendidih. Tambahkan sejumput garam. Biarkan mendidih selama 3-5 menit. Matikan api.

4. Saring larutan jamu, diamkan sampai dingin dan kunyit mengendap. Siap dihidangkan.

 

Mengkonsumsi minuman tradisional seperti jamu kunyit asam, memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa manfaat jamu kunyit asam adalah sebagai berikut:

 

Mengurangi nyeri haid

Untuk Anda para kaum hawa yang sedang PMS ada kalanya rasa nyeri pada perut akan mengganggu setiap aktivitas di rumah maupun pada saat dikantor. Nah, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa meredakannya dengan mengkonsumsi jamu kunyit asam secara rutin untuk menghindari nyeri haid. Kandungan kurkumin kunyit memiliki efek pereda nyeri alami (analgesik) yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram.

 

Mengatasi maag

Jika Anda memiliki penyakit lambung seperti maag yang sering kambu pada saat waktu-waktu yang tida ktepat, Anda bisa megatasinya dengan minum ramuan nenek moyang yakni jamu kunyit asam yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Mengkonsumsi obat-obatan pereda maag dengan bahan kimia akan tidak aman bagi sistem pencernaan Anda, dan mulailah untuk beralih ke yang alami.

 

Meredakan Peradangan

Pada jamu kunyit asam mengandung kurkumia yang diyakini mampu mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histamin sementara, dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal. Dari sinilah dikembangkan bahwa jamu kunyit asam memiliki manfaat meredakan peradangan, Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi, aterosklerosis, dan bahkan diabetes.

 

Mengurangi mual

Bagi Anda yang mengalami mual pada saat hamil, Anda bisa meracik jamu kunyit asam jawa dengan lada hitam karena akan mampu dan efektif mengatasi rasa tidaknyaman dan mual pada saat hamil muda. piperin dapat meningkatkan penyerapan curcumin sampai dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap untuk digunakan oleh tubuh. Piperin juga memperlambat pemecahan curcumin oleh hati sehingga lebih bertahan lama dalam darah.

 

Bagaimana? Jamu tradisional khas Indonesia memiliki banyak sekali manfaatnya bukan?. Bagi Anda yang jarang mengkonsumsinya, cobalah untuk mulai mengkonsumsinya karena memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Memasuki Tahun Baru 2021, Kasus Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 belum juga menemukan ...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...