Kulit Menghitam Akibat Paparan Sinar Matahari, Pulihkan Dengan 3 Cara Ini!
25 Nov/2019

Kulit Menghitam Akibat Paparan Sinar Matahari, Pulihkan Dengan 3 Cara Ini!

Tinggal di negara tropis memang sudah pasti mengalami kulit terpapar matahari. Kulit yang awalnya memiliki warna kuning langsat atau coklat muda bisa menjadi hitam gelap tau bisa jadi sampai hitam terbakar. Jika Anda orang yang memiliki kebiasaan berada di luar ruangan, yang sinar matahari memang sudah menjadi makanan setiap hari, Anda harus memiliki cara agar kulit tidak terbakar ketika beraktifitas.

Perbedaan terbakar matahari (SUNBURN) dengan gosong akibat paparan matahari.

Kulit yang sering terkena sinar matahari akan terbakar, lapisan luar kulit yang melindungi tubuh Anda akan terbakar dan mulai menghitam. Jika terlalu lama maka akan timbul rasa gatal, kulit memerah dan bisa terjadi rasa pusing ataupun demam jika sinar matahari menyerang terlalu kuat. Beberapa orang bahkan bisa mengalami kulit melepuh.

Berbeda dengan kulit yang gosong akibat terpapar sinar matahari, biasanya kejadian ini di alami oleh orang yang sering keluar di siang hari seperti orang yang jalan-jalan siang atau mahasiswa yang berangkat ke kampus pada siang hari. Kulit yang gosong biasanya tidak akan mengalami gangguan lain, kulit yang gosong biasanya akan nampak lebih kering dan kusam dibanding dengan kulit lain yang tidak terpapar oleh sinar matahari.

Cara mengatasi kulit hitam akibat paparan sinar matahari.

Bukan masalah yang mudah bagi sebagian orang yang mengalami kulit yang gosong akibat sengatan sinar matahari. Kulit yang terkena paparan sinar matahari biasanya akan menjadi hitam dan akan berbeda warnanya dengan kulit yang tidak terkena paparan sinar matahari. Untuk mengembalikan kulit yang belang ini bukan perkara mudah, biasanya perlu waktu yang lama agar kulit bisa kembali cerah secara merata. Gunakan treatment kulit agar kulit menjadi cerah secara merata, butuh uang yang tidak murah untuk membeli kream atau obat agar kulit cerah secara merata. Namun bisa juga menggunakan bahan alami yang ada di rumah agar kulit menjadi cerah merata.

1. Menggunakan Masker Timun Dan Lemon

Kandungan pada timun bisa bermanfaat untuk membuat kulit kembali cerah bersinar. Lemon memiliki kandungan yangdapat digunakan untuk pemutih alami untuk kuit yang terkena paparan sinar matahari. Pada kunyit juga terdapat kandungan yang beguna untuk mengangkat sel kulkit mati dan membersihkan kulit kusam sehingga kulit Anda kembali segaralami.

Cara membuat masker ini adalah dengan cara menghancurkan satu buah timun menggunakan blender dan campur dua sendok makan perasan lemon, aduk secara merata. Siapkan parutan kunyit dan aduk timun dan perasan lemon beserta parutan kunyit kedalam satu wadah. Setelah teraduk merata, lulurkan masker ke bagian kulit yang terpapar sinar matahari, diamkan selama 20 menit dan bilas menggunakan air bersih.

2. Masker Lidah Buaya.

Anda bisa mendapatkan masker lidah buaya dengancara membelinya di apotek atau toko kecantikan lainnya. Lidah buaya memiliki manfaat untuk memutihkan kulit yang gosong akibat paparan sinar matahari, namun untuk hasil yang cepat dan alami lebih baik gunakan tanaman lidah buaya dengan cara mengambil cairan lidah buaya dan oleskan ke bagian kulit yang menghitam, oleskan pada malam hari sebelum tidur dan diamkan semalaman lalu bilas di pagi harinya.

3. Masker Susu dan Oatmeal.

Campur kedua bahan tersebut dalam satu adonan yang kental dan jangan terlalu encer. Oleskan adonan maskertersebut ke bagian kulit yang gosong lalu diamkan selama satu jam sebelum Anda membilasnya. Oatmeal memiliki fungsi untuk memutihkan dan mencerahkan kulit sedangkan susu bisa digunakan untuk menjaga keembaban kulit dan mencerahkannya.

Artikel Lainnya

Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Buah lemon terkenal dengan keasamannya yang dapat mendetoxifikasi lemak, sehingga buah lemon...

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Alpukat adalah buah yang cukup digemari untuk di konsumsi masyarakat, selain mengandung banyak manfa...

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Kita pasti sering melihat orang tua mengoleskan kemiri di alis dan kepalanya. Dengan tujuan agar ram...

Manfaat Madu Untuk Kulit

Manfaat Madu Untuk Kulit

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamn...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once