Manfaat Mandi Pagi yang Perlu Anda Ketahui
05 Jul/2019

Manfaat Mandi Pagi yang Perlu Anda Ketahui

Mandi air dingin dipagi hari memang menjadi salah satu keseharian orang-orang indonesia. Namun terkada ada beberapa yang malas untuk mandi pagi karena suhu di luar rumah yang masih dingin. Mengutip dari beberapa website kesehatan dan penelitian di luar negeri, ternyata mandi air dingin di pagi hari memiliki beberapa manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Meremajakan Kulit dan Rambut

Siapa sangka ternyata mandi menggunakan air dingin di pagi hari mampu mengencangkan serta mempercantik kulit dan rambut. Pori-pori pada kulit akan seakan-akan mengecil atau tertutup , sehingga terhindar dari debu dari luar masuk kedalam lapisan kulit. Air dingin juga akan memberikan manfaat untuk rambut Anda, rambut akan menjadi lebih kuat, sehat, dan tidak mudah kusam.

Memperlancar kinerja Jantung

Pada saat tubuh pertama kali tersiram air dingin pada saat mandi pagi, maka tubuh akan memberikan respon yang positif. Ketika tubuh sedang kedinginan karena mandi menggunakan air dingin, maka tubuh akan mencoba mencari udara hangat dari luar. Hal ini akan meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh. Tingginya kadar oksigen akan membuat kinerja jantung menjadi lebih baik dan akan menambahkan energi ekstra untuk menjalani hari Anda.

Melancarkan Sirkulasi Darah

kinerja jantung yang lancar dan sehat akan membuat peredaran darah juga akan semakin lancar. Ketika air dingin menyentuh tubuh, maka arteri akan merespon dengan menyalurkan darah yang penuh dengan oksigen lebih lancar ke seluruh tubuh. Mandi air dingin juga dapat menurunkan tekanan darah, melancarkan pembuluh darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurunkan Berat Badan

Maksud disini bukan berarti setiap mandi dengan air dingin maka akan membuat berat badan Anda semakin menurun. Namun, mandi dengan air dingin dapat membantu kita dalam proses menurunkan berat badan. Menurut beberapa peneliti, tubuh kita memiliki 2 jaringan lemak, yakni lemak putih dan lemak coklat. Lemak coklat adalah lemak baik, yang berguna untuk menciptakan panas di dalam tubuh Lemak coklat sendiri ini akan aktif ketika kita sedang berada dalam kondisi kedinginan. Lemak coklat lah yang akan menghasilkan hawa panas pada tubuh saat mandi pagi dengan air panas. 

Memperbaiki Mood

Mandi pagi dengan air dingin ternyata bisa membuat mood Anda lebih baik. Pada saat kulit menerima suhu dingin saat mandi, maka saraf pada kulit akan mengirimkan sinyal yang besar kepada otak. Ini akan memberikan efek anti depresi yang akan menghilangkan pikiran depresi dan memperbaiki mood Anda.

Nah, itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mandi pagi menggunakan air dingin atau air biasa yang tidak dipanaskan. Walaupun begitu, imbangi dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran serta rutin olahraga setidaknya setengah jam setiap pagi agar tubuh tetap bugar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...