Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita Photo by Vino Li Unsplash
08 Mar/2021

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering sekali dijadikan campuran di buah rujak. Rasanya yang asam dan manis secara bersamaan menciptakan perpaduan rasa yang segar. Tidak hanya dijadikan campuran di camilan rujak, buah nanas ini sudah banyak sekali dijadikan kreasi makanan ataupun campuran bahan makanan. Ada yang membuat keripik nanas, ada yang membuat sambal nanas, ada juga beberapa makanan asam-manis juga memakai buah nanas untuk mendapatkan rasa asam-manis itu sendiri.

Karena banyaknya cerita yang beredar di masyarakat tentang buah yang dijadikan Rumah Spongebob ini, langsung aja kita cek mitos dan fakta buah nanas yuk!

1. Buah Nanas Dapat Membuat Lidah Gatal

Fakta!

Buah Nanas mengandung enzim protease berupa bromealin yang dapat memecah protein, sehingga buah nanas kadang sering digunakan untuk mengempukkan daging. Tapi si bromealin ini dapat menimbulkan efek gatal pada mulut. Kalau di buah nanas, bromealin ini terletak di tengah buah yang keras, jadi jika ingin mengkonsumsi buah nanas, jangan lupa untuk membuang bagian tengah buahnya ya.

2. Dapat Menyebabkan Keguguran

Hal ini pasti sudah sangat tidak asing terdengar di kalangan wanita ataupun ibu hamil. Buah nanas dianggap bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Nyatanya memang benar, kandungan bromealin dalam nanas dapat menjadi alasan keguguran karena bromealin adalah zat yang bisa memecah protein sedangkan janin yang masih baru terdiri dari sel protein sederhana yang berakhir ke pendaharan dan keguguran. Namun, ibu hamil tetap bisa mengkonsumsi buah nanas dalam batas wajar, yaitu dengan memastikan bahwa janin sudah kuat dan konsumsi nanas tidak lebih dari 3 porsi per hari. Selebihnya, konsultasikan ke dokter kehamilan ya bun.

3. Dapat Melawan Sel Kanker

Kandungan bromealin tadi juga terbukti ampuh dalam melawan sel-sel kanker. Berdasarkan sebuah penelitian bromealin malah lebih unggul daripada kemoterapi 5-fluorauracil (salah satu jenis pengobatan kanker). Bromealin ini juga dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan efek samping yang serius pada tubuh penderita kanker.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Kabar baik lainnya tentang buah nanas yaitu dapat meningkatkan imun tubuh. Buah nanas memang banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang berperan penting dalam pembentukan fungsi kekebalan tubuh sehingga dapat mengantisipasi terkenanya penyakit flu, demam dan lain-lain. Selain itu, kandungan mangan dan thiamin (vitamin B1) dalam buah nanas dapat meningkatkan produksi energi.

5. Dapat Membuat Perut Buncit

Tentu saja ini hoax. Buah nanas dengan kandungan bromealin yang dapat memecah protein ini justru juga bisa dijadikan salah satu buah untuk menurunkan berat badan loh. Kandungan lain selain bromealin dapat membantu mencukupi gizi sembari membakar lemak ditubuh.

Jadi, kamu tidak usah takut lagi untuk mengkonsumsi buah nanas ya? Selagi dalam porsi wajar dan tahu cara makan yang benar, buah nanas pasti bisa berfungsi untuk membawa khasiat yang baik dalam tubuh kok!

Artikel Lainnya

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Lemon Untuk Kesehatan Tubuh

Buah lemon terkenal dengan keasamannya yang dapat mendetoxifikasi lemak, sehingga buah lemon...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once