Manfaat Strategi 4C
05 Aug/2019

Manfaat Strategi 4C

Strategi pemasaran akan menjadi efektif ketika kita bisa menempatkan target yang sesuai. Strategi pemasaran yang seringkali digunakan adalah strategi 4P yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat/lokasi), dan promotion (promosi). Seringkali ketika Pebisnis terlalu terpusat pada strategi ini, mereka menghiraukan strategi lain yang tidak kalah penting, yaitu strategi 4C. Strategi 4C terdiri dari customers need and wants atau apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen, cost (biaya), convenience (kenyamanan), dan communication (komunikasi). Strategi 4C ini merupakan perkembangan atau versi yang lebih moderen dari strategi 4P yag sudah kita kenal sebelumnya. Tentu saja, kedua strategi ini harus diterapkan secara seimbang dan sesuai agar bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

 

Pada era digtal ini, internet sebagai bagian dari kehidupan masyarakat modern yang membuat konsumen memiliki akses apapun, kapanpun, dimanapun. Penggunaan strategi 4C sebagai salah satu business tools ini seperti sebuah keharusan, bukan saja bagi mereka yang bergelut di dunia digital marketing, tapi juga bagi semua marketer yang memandang betapa pentingnya nilai pelanggan itu.

  • Customers need and want

Pebisnis harus meluangkan waktunya dengan mempelajari apa yang diinginkan dan apa yang dibutuhkan konsumen secara mendalam, karena hanya bisnis yang memahami keinginan konsumen saja yang dapat berkompetisi dan bertahan dengan baik dipasar. Jadi aktivitas bisnis yang Anda lakukan harus fokus pada bagaimana sebuah produk mampu memberikan nilai kepada konsumen / pelanggan dan bagaimana sebuah produk mampu mengisi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan tersebut.

  • Cost

Harga yang ditetapkan dapat dilihat melalui prespektif konsumen. Strategi penetapan harga dapat ditetapkan dengan melakukan segmentasi pada konsumen sesuai dengan tingkatannya, apakah konsumen tersebut termasuk midle-up ataupun yang lebih rendah. Pada konsep harga, biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk produk tersebut, maka penetapan harga harus didasarkan ada kesediaan konsumen untuk membayar produk tersebut.

  • Convenience

Kenyamanan berbelanja yang dirasakan oleh konsumen, akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian berulang. Itulah sebabnya, dunia bisnis yang dapat menghadirkan convenience ini yang bisa memberikan kemudahan secara cepat dan instan akan mampu berkembang dengan sangat cepat. Kualitas customer service yang baik dan proses yang sederhana adalah sebagian cara yang dapat diterapkan untuk menghadirkan kenyamanan berbelanja kepada konsumen.

  • Communication

Komunikasi menjadi kunci penting dalam berbisnis. Komunikasi berperan sebagai pelengkap strategi-strategi yang telah diterapkan. Komunikasi yang baik harus dilakukan oleh setiap pebisnis, karena akan menciptakan hubungan antara pebisnis dan konsumen, dengan fokus pada apa yang dibutuhkan konsumen yang disesuaikan kengan kebutuhan dan gaya hidup mereka, bukan dengan mendorong dan memaksakan suatu roduk yang tidak mereka butuhkan dan mereka inginkan. Anda harus mampu menjadi "telinga yang baik" untuk konsumen, agar konsumen merasa betah. Kemampuan memahami dan mengolah kata dengan baik, menjadi modal utama Anda dalam menarik minat konsumen.

 

Strategi tersebut akan berhasil mencapai punyak kesuksesan apabila dibarengi dengan usaha yang sungguh-sungguh. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut untuk berlatih dan memahami aspek-aspek bisnis dengan baik, agar bisnis yang Anda jalankan, mambu berbegrak sesuai keinginan Anda.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once