Mengetahui Apa itu Pinjaman Online Beserta Resikonya
05 Dec/2019

Mengetahui Apa itu Pinjaman Online Beserta Resikonya

Dengan berkembangnya dunia online pada saat ini, juga dimanfaatkan bagi sebagian orang untuk memudahkan mengelola kehidupan. Teknologi yang semakin berkembang, jika tidak digunakan sebaik mungkin akan merugikan diri sendiri. Saat ini banyak penyedia layanan pinjaman online yang akan memudahkan seseorang dalam meminjam uang. Dengan adanya pinjaman online, maka seseorang akan dengan mudah terlilit hutang jika tidak berhati-hati dalam memutuskan suatu pilihan.

Resiko yang akan didapat pastinya akan semakin besar, terlebih jika tergiur iming-iming yang sangat menggoda dalam meminjam uang. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai pinjaman online yang saat ini banyak terjadi.

Bunga yang cukup tinggi

Berbeda dengan pinjaman offline yang hanya bisa dilakukan pada kantor penyedia layanan pinjaman saja, pinjaman online dalam meminjamkan uang memang sangat mudah dan cepat dalam prosesnya, hal ini yang menjadikan seseorang memilih meminjam uang melalui pinjaman online. 

Namun perlu Anda ketahui, bunga pada pinjaman online relatif tinggi bahkan bisa dibilang sangat tinggi. Dari pihak penyedia jasa pinjaman online bernaggapan bahwa, lasan kenapa bunga yang ada pada pinjaman online sangat tinggi karena resiko nasabah yang kabur juga relatif tinggi. 

Banyak orang yang mengeluh dengan bunga yang ada pada pinjaman online, kesalahannya juga terdapat pada nasabah itu sendiri karena pada awal pinjaman tidak melihat berapa bunga yang akan dibayar. Setelah lama mengangsur dan ternyata bunga sangat tinggi, alhasil nasabah akan kesulitan dalam melunasinya.

Pinjaman yang sangat sedikit

Karena ini merupakan pinjaman online yang juga memiliki resiko yang sangat tinggi pula, sejumlah platfom penyedia pinjaman online hanya akan memberikan pinjaman dalam jumlah tertentu juga. Pinjaman yang ditawarkan biasanya maksimal hanya sebesar 5 juta saja, terkadang ada juga yang hanya menyediakan pinjaman maksimal 1 juta dan bisa bertambah setelah beberapa kali melakukan pinjaman. 

Penambahan pinjaman tersebut yang hanya boleh bertambah setelah beberapa kali meminjam juga bertujuan untuk melihat apakah nasabah tersebut jujur dan dapat dipercaya pada saat meminjam uang. Jika dalam mengangsur uang terjadi keterlambatan maka akan berimbas ke pinjaman selanjutnya. Bisa saja nasabah tersebut tidak boleh meminjam uang secara online lagi, pada penyedia layanan tersebut .

Telat bayar tagihan penagih akan mendatangi Anda

Layaknya pinjaman pada umumnya, jika Anda tidak membayar tagihan atau telat membayarnya maka penagih akan mendatangi Anda. Bukan berarti meminjam uang online, jika tidak membayar maka akan ditegur secara online dalam rentang waktu yang relatif sering dan secara brulang-ulang. Jika Anda tidak membayar maka akan didatangi oleh petugas penagih hutang dan akan meminta secara paksa uang yang Anda pinjam.

Administrasi yang relatif tinggi

Setiap penyedia layanan pinjaman online akan memberikan jumlah administrasi yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, jika Anda meminjam uang sejumlah 1 juta, maka uang yang Anda pinjam akan di potong biaya administrasi.

JIka biaya yang akan dipotong yaitu sejumlah sekitar 300 ribu, maka uang yang diberikan kepada Anda hanya sebesar 700 ribu saja. Maka dari itu, perhitungkan resikonya sebelum Anda melakukan pinjaman secara online.

Artikel Lainnya

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana yang digunakan di awal atau biasa disebut dengan bumper da...

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Memiliki uang dan investasi di masa tua memang menjadi salah satu impian banyak orang. Namun sebagai...

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Kartu kredit saat ini memang menjadi salah satu komponen yang mempermudah sistem pembayaran di era s...

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda adalah orang yang suka berbelanja di pasar swalayan untuk memnuhi kebutuhan harian atau ha...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once