Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir source: voa-islam.com
04 Feb/2020

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. Namun tidak jarang hujan yang lebat membuat pemukman warga terendam banjir. Pada saat banjir maka penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya mengintai karena air yang kotor dan kebersihan yang kurang. Yuk, kenali penyakit-penyakit yang sering terjadi saat banjir tibah dan cara menanggulanginya.

 

Diare

 

 

Yang pertama dan paling sering terjadi pada saat banjir tiba adalah diare. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah makanan yang terkontaminasi bakteri pada saat banjir melanda. Gejala diare pun bisa bervariasi, mulai dari sakit perut singkat, hingga rasa kram di perut yang tidak tertahankan. Solusinya adalah dengan menjaga kebersihan makanan, serta tidak lupa mencuci tangan sebelum makan.

 

Malaria dan Demam Berdarah

 

Tidak hanya diare saja yang akan menjangkit seseorang setelah banjir melanda, tetapi penyakit  yang disebabkan oleh nyamuk seperti malaria dan demam berdarah, juga akan terjadi jika Anda tidak menjaga kebersihan tempat tinggal. Air yang menggenang saat banjir dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Solusi untuk menghindarinya adalah dengan menguras berkala bak mandi atau membuang semua penyebab genangan air yang ada di dekat rumah Anda.

 

Penyakit kulit

 

pada saat banjir tiba, kulit sering kali terkena genangan air kotor yang bisa mnyebabkan berbagai masalah kesehatan kulit. Dari penyakit diatas, penyakit kulit adalah penyakit yang paling umum terjadi pasca kebanjiran. Akan muncul bercak-bercak merah pada kulit yang sangat gatal, ini penyebabnya adalah bakteri jenis E. Coli yang dibawa oleh air banjir. Hati-hati dan tetap jaga kebersihan kulit Anda dengan cara membersihkan dengan air bersih atau sabun untuk menghindari bakteri penyebab gatal.

 

Nah itulah beberapa penyakit yang akan terjadi pada saat banjir melanda. Namun semua penyakit itu tidak akan menjangkit Anda jika menjaga kebersihan serta memiliki imunitas tubuh yang kuat. Akan lebih sempurna lagi jika Anda melakukan gaya hidup sehat seperti olaharag dan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...