Puasa Momentum Tepat Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat
14 May/2019

Puasa Momentum Tepat Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Puasa merupakan kegiatan untuk meningkatkan iman dan memperbanyak amal, warga muslim juga bisa memanfaatkan masa menjalankan ibadaah puasa untuk menata pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Puasa bisa menjadi waktu untuk belajar mengontrol menu makan untuk tujuan menjaga lambung dan lebih selektif makanan yang tepat, dan pastinya sehat juga. Perubahan menuju gaya hidup sehat bisa dimulai dengan mengganti komposisi makanan yang disantap saat sahur maupun di waktu berbuka puasa.

Mereka yang sebelumnya lebih banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak, sebaiknya mulai beralih ke pangan nabati seperti sayur-sayuran dan buah. Menu makanan di bulan puasa juga harus yang benar, jangan sampai menunya yang berminyak atau mengandung banyak lemak juga. Berbuka bukan berarti balas dendam atas apa yang kita lakukan di siang hari, makan seperlunya untuk menjaga kondisi lambung juga tetap harus dilakukan. Jika menu makanan mengandung banyak lemak jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, ambil satu namun dengan catatan minum air putih satu gelas untuk menetralkan kandungan minyak yang ada di makanan tersebut.

Jika ingin menjaga berat badan, perhatikan pola makan juga. Diet dengan komposisi 50% sayur dan buah, 30% karbohidrat kompleks dari bahan makanan seperti kacang polong, gandum, jagung atau nasi dan sisanya lauk pauk.

Dalam menu makanan sehari-hari setelah berbuka puasa juga tidak harus menggunakan protein hewani atau seperti daging. Itu bisa disubstitusi (diganti) dengan protein nabati seperti tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Konsumsi minuman manis pada saat berbuka puasa seperti jus buah atau sayur dan sitambah dua gelas normal pada saat berbuka puasa. Pada saat saur juga jangan sampai tidak makan sahur, jangan biarkan perut kosong terlalu lama (normal orang puasa) dan jangan berbuka terlalu malam. Berhentilah makan sebelum kenyang, jika pada saat perut kosong dan pada saat berbuka Anda makan dengan porsi yang membuat perut keknyangan, hal tersebut bisa meningkatkan resiko asam lambung dan merusak lambung. 

Dengan mengatur pola makan di bulan puasa, pastinya Anda akan mendapat kesehatan dan tentunya pahala Anda juga akan bertambah banyak. Ingat!!! Berhenti makan sebelum kenyang pada saat berbuka puasa akan menjaga kesehatan Anda.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once