Selain Untuk Memasak, Bahan Dapur Ini Mampu Menurunkan Demam Pada Tubuh
03 Dec/2019

Selain Untuk Memasak, Bahan Dapur Ini Mampu Menurunkan Demam Pada Tubuh

Penyakit demam merupakan penyakit yang diakibatkan oleh gangguan virus yang saat itu sedang menyerangtubuh. Kondisi itu bisa dilihat dengan cara menyentuh salah satu bagian tubuh, biasanya terasa lebih hangat dari tubuh normal pada umumnya. 

Selain tubuh yang terasa panas, seseorang yang terkena demam juga terlihat pancaran wajah memucat. Ketika demam, seseorang akan mengalami gangguan pada indra perasa. Hal tersebut dikarenakan virus menyerang seluruh tubuh dan akibatnya napsu makan bisa saja menurun. Terkadang jika panas terlalu tinggi, kepala akan tersasa pusing dan mual ketika makan.

Jika salah satu anggota keluarga Anda mengalami demam, namun tak mau di bawa ke dokter karena takut minum obat. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur. Berikut ini bahan-bahan dapur yang bisa mengatasi demam.

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat penurun demam. Bahan dapur ini sering dikenal orang sebagai jamu tradisional dan pereda nyeri pada saat haid. Bukan hanya itu saja, ternyata kunyit juga mampu menurunkan demam. Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit, berperan sebagai antivirus serta mampu mengusir bakteri yang bersarang dalam tubuh.

 

2. Jahe

Jahe memang sejak dulu terkenal ampuh untuk menghangatkan tubuh. Namun fungsi jahe bukan hanya membuat tubuh terasa hangat saja. Jahe bisa digunakan untuk obat penurun demam. Jahe merupakan anti bakteri yang dapat membuat tubuh terhindar dari virus penyebab demam. Jahe akan menghindarkan tubuh Anda dari gangguan virus.

 

3. Kemangi

Lalapan yang satu ini biasa dimakan bersamaan dengan sambal tomat, nasi, dan lauk ayam goreng. Tapi, Taukah Anda bahwa kemangi juga bisa menurunkan demam? Antioksidan dan nutrisi yang terkandung dalam kemangi, bisa meringankan peradangan dalam tubuh, serta menyembuhkan infeksi.

 

4. Bawang putih

Ketika Anda sedang masak, salah satu bahan dapur yang satu ini pasti tidak akan ketinggalan. Selain berfungsi sebagai penyedap rasa dan membuat makanan semakin gurih, bumbu dapur ini mampu mengusir jamur dan bakteri yang ada pada tubuh. Mengkonsumsi bawang butih, dapat membantu Anda meringankan demam.

 

Itulah beberapa bumbu dapur yang dapat membantu Anda meringankan demam. Jika Anda termasuk orang yang sulit untuk menelan pil atau tidak suka dengan aroma obat-obatan kimia, maka beberapa alternatif bumbu dapur di atas mungkin bisa Anda pilih untuk meredakan demam. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once