Tips Pencegahan Covid di Era New Normal
01 Mar/2021

Tips Pencegahan Covid di Era New Normal

 

Jumlah kasus terinfeksi virus corona di Indonesia kian meningkat, karena itu pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar nilai orang yang terinfeksi virus corona bisa menurun. Kita sebagai masyarakat Indonesia harus ikut membantu untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari terjangkit virus corona. Berikut ini adalah tips agar kita bisa terhindar dari virus corona.

1. Biasakan Cuci Tangan

 

Cuci tangan adalah salah satu cara untuk terhindar dari virus corona, pastikan sebelum kita memasuki kawasan tertentu atau setelah berpergian untuk mencuci tangan, karena umumnya kita sering menyentuh benda atau apapun itu yang kita tidak tahu apakah itu bebas dari virus atau bakteri. Oleh karena itu kita harus membiasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan setelah berpergian atau mau memakan sesuatu.

2. Memakai Masker

 

Ketika kita mau pergi keluar rumah, jangan lupa untuk memakai masker. Karena virus corona masuk kedalam tubuh kita melalui hidung dan mulut. Dengan kita memakai masker kita bisa menutup pintu masuk virus corona kedalam tubuh kita.

3. Hindari Menyentuh Area Wajah

 

Saat kita berada di luar rumah atau berpergian kemana saja, ingatlah untuk menghindari menyentuh area wajah, khususnya di area mata, hidung, dan mulut. Virus dan bakteri yang ada di tangan kita akibat benda-benda lain yang kita pegang sebelumnya tidak mudah terdeteksi dengan mata telanjang, makanya penting diingat seperti poin pertama tadi bahwa kita harus rajin cuci tangan atau bisa juga memakai handsinitizer sebelum memegang area wajah.

4. Menutup Mulut dan Hidung Ketika Bersin Atau Batuk

 

Banyak orang yang terinfeksi virus corona melalui mulut dan hidung, yang artinya virus dapat menular dengan tetesan udara orang lain saat batuk atau bersin dan berbicara. Oleh karena itu kita penerapan etika batuk dan bersin harus diterapkan oleh setiap kita. Etika batuk dan bersin yang benar adalah batuk ditutupi dengan lipatan siku tangan, atau menggunakan tisu/sapu tangan, atau bisa menggunakan masker.

5. Menjaga Jarak

Cara untuk menghindari virus corona yaitu tetap dirumah saja. Tetapi jika anda mempunyai kepentingan dan mengharuskan anda untuk pergi keluar. Maka jagalah jarak anda dari orang lain kira-kira sejauh 2 meter. Untuk memastikan anda tetap aman dan tidak tertular virus.

6. Hindari Kerumunan

 

Berada di tengah – tengah kerumunan membuat anda sangat mudah terkena virus corona, karena kita tidak tahu apakah orang – orang yang ada di sekitar kita itu aman dari virus corona atau tidak. Hal ini bisa menyebabkan anda jadi banyak berinteraksi dengan orang lain. Dan bisa saja juga kita ikut tertular juga.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once