Ini yang Akan Terjadi Jika Rantai Motor Kendor dan Berkarat!
05 Dec/2019

Ini yang Akan Terjadi Jika Rantai Motor Kendor dan Berkarat!

Rantai motor merupakan komponen penting yang harus dirawat. Banyak orang yang mengabaikan dalam merawat rantai motor, akibatnya ranntai motor bisa mudah kendor atau bisa juga berkarat.

Rantai yang kendor juga akan berpengaruh pada performa mesin. Mesin akan cepat panas dan tarikan akan semakin melambat. Resiko yang lain bisa juga akan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Kecelakaan yang terjadi karena diakibatkan rantai yang tiba-tiba putus dan membuat ban berhenti karena terselip oleh rantai. 

Perawatan yang dilakukan pada rantai menjadi sangat penting untuk menjaga Anda, agar terhindardari kecelakaan di jalan raya. Berikut ini hal yang akan terjadi jika Anda tidak merawat atau membiarkan rantai motor Anda menjadi kendor dan berkarat.

Peforma motor tidak nyaman saat dikendarai

Rantai yang kendor akan mempengaruhi peforma motor pada saat dikendarai. Jika rantai kendor, mesin pada motor juga akan ikut mengalami masalah dalam menjalankan fungsinya. Hal ini diakibatkan karena rantai yang kendor akan membuat mesin bekerja ekstra untuk membuat ban belakang bisa tetap berputar.

Efek lain dari kendornya rantai akan mengakibatkan bahan bakar juga akan cepat habis. Terlebih jika Anda membiarkan rantai terlalu kendor. Ketika saat itu Anda melajukan kenndaraan terlalu cepat, bisa saja ranti terlepas dari gear dan akan terjepit ke velg yang mengakibatkan ban akan berhenti secara tiba-tiba. Masalahnya, Anda akan tergelincir dan akan terjadi kecelakaan.

Rantai akan putus saat perjalanan

Jika rantai tidak dirawat dengan benar maka masalah yang akan terjadi yaitu rantai motor bisa saja putus secara tiba-tiba ketika Anda sedang memakainya. Rantai yang tidak dirawat dan tidak dibersihkan akan menjadi berkarat. Ketika karat yang ada pada motor dibiarkan terlalu lama, maka kekuatan pada rantai motor akan menurun. Resiko yang harus Anda hadapi pada saat rantai motor berkarat dan Anda tetap memaksakan, maka rantai akan putus karena kekuatan pada rantai rusak akibat rantai berkarat.

Jika rantai tiba-tiba putus dijalan, maka Anda harus datang ke bengkel untuk menggantinya. Hindari membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi dalam kondisi rantai kendor atau berkarat untuk menghindarkan Anda dari kecelakaan.

Memberi pelumas pada rantai bisa membuat ranntai tidak mudah berkarat dan juga agar rantai tetap terawat serta tidak cepat "haus". Mengganti rantai juga harus Anda lakukan ketika rantai memang benar-benar harus diganti.

Ciri-ciri rantai harus diganti adalah ketika  rantai kendor dan tidak bisa lagi di kencangkan, ataupun ketika usia rantai sudah tua atau lama. Hal tersebut memang harus dilakukan penggantian agar motor tetap berfungsi dengan benar dan Anda tetap selamat pada saat berkendara.

Artikel Lainnya

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk membayar pajak. Kita diharuskan pergi ke samsat untuk ...

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Banjir seringkali membuat kendaraan yang nekat menerobos, mengalami kerusakan atau mogok. Ketika air...

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Dalam sistem pendinginan mesin mobil, radiator merupakan komponen yang sangat penting agar mesin tid...

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, teknologi yang berkembang bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga bidang ot...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once