Inilah 3 Olahan Makanan dari Jagung yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah
06 Sep/2019

Inilah 3 Olahan Makanan dari Jagung yang Bisa Anda Buat Sendiri Di Rumah

Siapa orang yang tidak suka dengan makanan dan jajan-jajanan yang terbuat dari jagung? Pasti semua orang suka. Selain nikmat dijadikan olahan makanan, jagung juga kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam satu buah jagung mencakup protein, vitamin A, vitamin C, lemak nabati, serat, kalsium dan juga zat besi. Banyaknya gizi dan tumbuh subur di Indonesia membuat jagung menjadi salah satu makanan favorit oleh beberapa orang di Indonesia. Kesukaan masyarakat terhadap jagung membuat jajanan olahan jagung semakin banyak dan unik. Seperti olahan jagung yang satu ini wajib Anda cicipi dengan membuatnya di rumah, berikut adalah listnya.

Jasuke

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jajanan dari jagung yang satu ini. Jajanan ini memadukan beberapa rasa, mulai manis dari jagung dan susu kental, dan rasa gurih dari keju. Perpaduan antara tiga komponen itulah membuat jajanan ini disebut jasuke, atau jagung susu keju. Membuatnya pun cukup mudah yakni dengan memisahkan biji jagung manis lalu mengkukusnya 10-15 menit hingga matang. Jagung yang sudah matang beri irisan keju diatasnya dan tidak lupa untuk menyiram dengan susu kental manis secukupnya. Sosok disajikan bersama keluarga atau kerabat.

Puding jagung

Jika Anda sudah sering mendengar dan mencicipi puding coklat dan puding labu, namun ada kalanya Anda wajib mencicipi puding jagung yang tidak kalah nikmatnya. Anda bisa mudah membuatnya di rumah dengan bahan seadanya dan mudah dicari. Berikut adalah cara membuatnya.

Pertama, didihkan air lalu masukkan jagung yang sudah dicincang kasar, aduk-aduk, lalu kecilkan api. Tambahkan gula dan aduk hingga larut dan meleleh. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit dan terus diaduk agar tidak meluap. 

Campurkan agar-agar bubuk dan tepung maizena dengan sedikit susu agar tidak menggumpal. Larutkan ke dalam cairan susu dan masak hingga mendidih. Tuangkan dalam loyang dan dinginkan sebelum disajikan. Puding jagung siap disantap.

Bakwan jagung

Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional yang satu ini? Hampir semua orang Indonesia pernah mencicipi makanan olahan jagung ini. Untuk membuatnya pun cukup mudah dan bahan relatif murah. Cara pembuatannya cukup sederhana. Pertama, bersihkan jagung dari rambut-rambut yang menempel dan cuci. Parut dan tumbuk kasar, lalu tambahkan tepung terigu, tepung beras, telur, cacahan daun seledri, daun bawang, air secukupnya dan bumbu-bumbu lainnya. Adonan yang sudah diaduk siap untuk digoreng hingga bakwan berwarna kecoklatan dan siap untuk disajikan.

Bagaimana cukup mudah bukan membuat jajanan olahan jagung yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya, terimakasih.



Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once