Anda Pecinta Tanaman? Beragam Jenis Mawar Ini Wajib Anda Ketahui!
11 Jan/2020

Anda Pecinta Tanaman? Beragam Jenis Mawar Ini Wajib Anda Ketahui!

Mawar merupakan bunga yang sejak dahulu menjadi favorit banyak masyarakat. Namun kebanyakan masyarakat tidak bisa menyebutkan beberapa jenis bunga mawar, mungkin mereka hanya mengetahui bunga mawar merah dan putih. Namun sebenarnya masih banyak jenis-jenis bunga mawar yang hidup saat ini. 

Semakin banyak jenis mawar ini karena budidaya bunga mawar memang sudah berkembang secara cepat. Budidaya bunga mawar yang dilakukan oleh petani mawar dengan perkawinan silang atau stek bunga mawar, yang menjadikan bertambahnya jenis-jenis bunga mawar baru. Berikut ini jenis-jenis bunga mawar yang harus Anda ketahui.

1. Mawar Musk

 

source by : www.classicroses.co.uk
source by : www.classicroses.co.uk

Nama lain dari bunga ini yaitu bunga Rosa Moschata. Bunga ini sudah dibudidayakan sejak abad ke-16. Bunga mawar jenis ini dapat tumbuh merambat dan dibagian tengah bunga terdapat rambut yang jika terkena kulit akan mengalami iritasi dan masalah pencernaan jika masuk kedalam saluran pencernaan.

Bunga ini akan mekar pada akhir musim semi dan musim gugur. Mawar musk biasanya dibuat sebagai bahan pembuatan parfum karena memiliki aroma musk yang akan keluar ketika bunga mekar.

2. Mawar Kubis

source by : gambarbunga.pw
source by : gambarbunga.pw

Bunga mawar yang satu ini memiliki nama ilmiah yaitu Rosa centifolia. Bunga yang dibudidayakan oleh petani mawar belanda sejak abad ke-17 ini, memiliki bentuk mahkota yang besar dan memiliki jarak kelopak bunga yang saling menempel membentuk seperti kubis. Oleh karena itu bunga mawar ini sering disebut sebagai bunga mawar kubis. 

Bunga ini memiliki aroma yang sangat harum dan bentuknya besar dan menggumpal seperti kubis. Perawatan bunga mawar jenis ini tergolong sangat rumit dan sulit. Bunga ini sangat mudah sekali terserang penyakit dan tidak bisa tumbuh di semua wilayah. Namun jika Anda mengetahui cara untuk merawat bunga ini, mungkin bisa Anda budidayakan sendiri dirumah.

3. Mawar Eden

Source by : Pixabay.com
Source by : Pixabay.com

Tanaman ini dibudidayakan oleh Marie-louise Meilland pada tahun 1985 di Prancis. Bunga mawar jenis ini bisa tumbuh di tanah yang cukup air dan sinar matahari. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 180-330 cm. Bunga dari tanaman ini memiliki diameter 10cm dan memiliki kelopak bunga sebanyak 70 helai. Bunga mawar eden akan mekar di akir musim semi hingga akir musim panas. 

4. Mawar Sunsprite

source by : Clorofa.com
source by : Clorofa.com

Bunga mawar jenis ini memiliki diameter 8 cm dan memiliki aroma yang sangat harum. Perbedaan bunga mawar ini dengan jenis bunga mawar yang lainnya yaitu jenis bunga mawar sunsprite tidak mudah terserang hama dan perawatannya juga cukup mudah. Mawar sunsprite dapat tumbuh hingga 40-75 cm. 

Dari beberapa jenis bunga mawar yang mungkin salah satunya bisa Anda budidayakan sendiri dirumah. Kebanyakan perawatan bunga mawar memang sangat sulit dan rumit. Namun jika Anda telaten dan sabar untuk merawat bunga mawar tersebut, maka bunganya akan tumbuh dan mekar dengan keindahan, keharuman, serta warnanya yang membuat mata lebih adem.

Artikel Lainnya

Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet

Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet

Setiap tahun rasanya pasti ada saja produk terbaru dari bermacam-macam merek ponsel. Designnya yang ...

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kesenian adalah suatu hal yang paling banyak diminati banyak orang, hampir semua orang selalu suka j...

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

Hiburan yang paling mudah untuk kita nikmati selama di rumah aja adalah menonton film. Memang, selai...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once