Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Uang Elektronik
29 Nov/2019

Kelebihan Dan Kekurangan Menggunakan Uang Elektronik

Kebutuhan manusia semakin lama memang semakin banyak. Bukan hanya kebutuhan pokok saja, kebutuhan sehari-hari juga akan semakin meningkat. Hal tersebut membuat manusia harus memiliki caraa yang mudah untuk memenuhi kebutuhannya. Dalam pembayaran, saat ini memang sudah dilakukan cara yang memudahkan orang untuk melakukan transaksi tersebut. E-money merupakan alat untuk memudahkan orang membayar apa yang mereka beli.

Dengan E-money, orang tidak susah lagi membawa uang, karena dengan e-money atau uang elektronik orang hanya cukup membawa kartu yang bisa digunakan untuk membeli berbagai jenis barang. Namun sebelum Anda beralih ke uang elektronik, lebih baik Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan uang elektronik tersebut seperti apa. Berikut ini ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki E-money (uang elektronik).

Kekurangan E-Money :

1. Mengisi saldo di dalam e-money yang cenderung terbatas.

Tak banyak tempat yang menyediakan pengisian saldo untuk kartu e-money. Anda harus datang ke mesin ATM yang menyediakan pengisian saldo e-money, namun tidak semua ATM bisa untuk mengisi saldo yang ada di e-money. Jadi Anda harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mencari lokasi untuk mengisi saldo yang e-money Anda.

2. Kartu hilang sama dengan uang hilang.

Jika kartu yang Anda pegang hilang, itu sama dengan Anda kehilangan uang yang ada di kartu tersebut. Walau mengurus kartu bisa dilakukan, namun hal tersebut sangatlah memakan waktu yang cukup lama. Jika e-money Anda berupa akun yang ada di dalam HP, jika HP Anda hilang atau lupa pasword itu sama saja Anda kehilangan uang yang ada di dalamnya. Sangat berbeda dibanding dengan uang tunai yang ada di dompet yang berpotensi hilang sangat kecil.

3. Membuat Anda semakin boros.

Uang elektronik cenderung uang yang hanya bisa dilihat dalam nominal saja, Anda tidak akan bisa melihat uang tersebut secara fisik. Hal tersebut bisa memicu Anda untuk mengeluarkan uang yang terbilang sering karena Anda pasti tidak merasakan bahwa Anda mengeluarkan uang yang banyak. Saat ini banyak orang yang senang belanja online ddan e-money memudahkannya karena tidak repot untuk keluar rumah untuk membayarnya. Jadi jangan terlalu boros jika Anda mempunyai kartu e-money dan uang banyak di dalamnya.

4. Rentan akan pembajakan uang.

Namanya juga e-money yang artinya uang Anda di simpan di dalam akun tabungan pribadi. Semakin canggih otak manusia maka akan semakin canggih juga  kejahatan yang ada. Bukan hanya perampokan terlihat yang bisa saja terjadi, perampokan dalam bentuk hack akun e-money juga banyak terjadi saat ini. Maka dari itu jangan memberikan informasi e-money Anda ke orang lain untuk menjaga keamanan uang Anda yangada di dalamnya.

Kelebihan E-money :

Kelebihan yang ada di e-money sudah bisa dilihat secara jelas. E-money ditujukan untuk orang-orang yang malas mengeluarkan atau membawa uang yang terlalu banyak di dalaam dompetnya. E-money juga digunakan untuk menguntungkan orang yang suka belanja online yang memudahkannya untuk mengurus pembayaran tanpa capek untuk pergi ke ATM.

Emoney juga memiliki keamanan untuk segi keaslian uang fisik, terhindardari kejahatan seperti pemalsuan uang sangat bisa dihindari dengan cara mendaftarkan uang fisik Anda ke uang elektronik.

Menghitung berapa pengeluaran Anda juga bisa Anda lihat ketika Anda menggunakan uang elektronik, menghemat waktu juga bisa Anda lakukan karena Anda tidak capek-capek lagi harus mengantri untuk membayar. Berbagai p[ootongan harga juga bisa Anda dapatkan pada saat Anda belanja dengan menggunakan uang elektronik ini.

Nah itulah kekurangan dan kelebihan jika Anda beralih ke uang elektronik. Semua jenis uang sebenarnya sama saja, namun yang membedakannya hanya seberapa pintarnya Anda bisa memanfaatkan uang yang Anda miliki saat ini.

Artikel Lainnya

Trend Bisnis 2020-an, New Normal Kit Sebagai Hampers Tahun Baru

Trend Bisnis 2020-an, New Normal Kit Sebagai Hampers Tahun Baru

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah memasuki babak baru, yaitu era New Normal. Perlengkapan untuk me...

5 Ide Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Pada Saat Musim Hujan

5 Ide Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Pada Saat Musim Hujan

Pada awal datangnya tahun seperti bulan Januari, merupakan awal datangnya musim penghujan di Indones...

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir

Menjadi importir merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis import sudah sangat digemari oleh ...

Limpahan Apel Sebagai Ladang Bisnis Yang Menjanjikan!

Limpahan Apel Sebagai Ladang Bisnis Yang Menjanjikan!

Ketika Anda berkunjung atau ingat dengan kota Malang, tentunya selain tempatnya yang sejuk, wisata a...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once