Mengatasi Diabetes Dengan 3 Cara Ini
21 Dec/2019

Mengatasi Diabetes Dengan 3 Cara Ini

Memang sebagian besar masyarakat mengenal diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Namun Anda jangan sampai putus asa karena penyakit diabetes yang Anda derita. Jika Anda masih bisa bersenang-senang dengan teman dan keluarga, berlibur tanpa ada rasa kawatir, Anda masih punya kesempatan untuk memperbaiki diabetes Anda. 

Hanya dengan menjaga pola hidup sehat dan menjaga kadar gula darah, Anda pasti bisa membuat diabetes yang Anda derita semakin menurun. Berikut ini penjelasan tentang apa itu diabetes beserta dengan cara mengatasinya.

Apa itu diabetes?

Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena tingginya kadar gula yang ada pada darah. Mengkonsumsi gula atau makanan yang tinggi gula merupakan faktor utama penyebab gula darah naik. Orang yang terkena diabetes biasanya akan mengalami masalah seperti lamanya proses penyembuhan pada luka. 

Jika terdapat luka pada bagian tubuh Anda dan luka tersebut lama sembuhnya, Anda harus segera mengecek kadar gula darah Anda, karena itu bisa jadi kadar gula pada darah meningkat dan membuat lamanya proses penyembuhan diri. Namun semua itu bisa Anda cegah dengan 3 cara berikut ini.

1. Makan makanan sehat

Makanan sehat sebenarnya sama dengan makanan yang orang-orang makan pada umumnya, namun Anda penderita diabetes dianjurkan untuk menjaga pola makan sehat seperti mengurangi konsumsi gula dan makanan yang rendah gula. 

Makanan yang harus Anda konsumsi seperti makanan yang rendah lemak, bergizi, dan rendah kalori. Makanan daging yang rendah lemak, mengganti gula dengan pemanis rendah kalori, mengkonsumsi sayuuran dengan cara direbus, makan ikan seperti salmon, buah segar, kacang-kacangan, dan produk olahan susu yang rendah lemak.

Jika Anda mengkonsumsi makanan sehari-hari dengan makanan yang sehat dan tinggi gizi serta rendah lemak, maka diabetes Anda akan turun dan jangan sampai Anda kembali mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak atau sampai mengkonsumsi kembali gula secara berlebihan. Hal tersebut akan membuat kadar gula pada darah Anda kembali tinggi. Diabetes merupakan penyakit keturunan yang dimana jika anak cucu Anda tidak menjaga pola hidup sehat, maka pada hari tua nanti akan terkena diabetes.

2. Olahraga teratur

Berolahraga akan membuat tubuh Anda sehat, mungkin Anda sudah banyak mendengar bahwa berolahraga bisa membantu badan menjadi sehat. Manfaat dari olahraga untuk diabetes yaitu agar berat badan kembali turun, insulin membuat diabetes kembali turun, menjaga jantung dan membuat kerja paru-paru lebih ringan.

Anda bisa berolahraga kecil seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, atau berkebun. Jika Anda tipe orangyang tidak pernah berolahraga, Anda bisa mencoba dengan waktu yang sedikit dahulu.

Lakukan olahraga setiap 3 hari dalam satu minggu dengan waktu 30-40 menit. Dengan waktu sebentar namun teratur, kadar gula pada darah Anda akan kembali normal.

3. Cek kadar gula darah setiap hari

Anda bisa mencegah kadar gula naik dengan cara mengecek kadar gula secara rutin. Fungsi dari pengecekan kadar gula darah setiap hari agar Anda bisa mengkontrol darah agar tidak naik.

Jika Anda bisa mengetahui perkembangan gula darah, maka Anda bisa dengan mudah mengontrol asupan makanan sehari-hari Anda. Jika kadar gula darah diketahui meningkat, maka Anda harus segera mengurangi konsumsi gula.

Itulah cara agar gula darah Anda kembali normal dan Anda bisa beraktifitas dengan rasa tenang. Namun jika kadar gula sudah kembali normal, jangan sampai Anda terlena dengan manisnya gula, karena rasa manis tersebut bisa merubah hidup Anda menjadi pahit.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once