Tips Memilih Bahan Makanan yang Sehat
21 Oct/2019

Tips Memilih Bahan Makanan yang Sehat

Di era yang serba instan ini, mencari makanan yang sehat pun tidak semudah mencari makanan instan. Banyaknya makanan instan dan makanan cepat saji karena harganya yang murah, enak, cepat dan mengenyangkan, membuat makanan instan atau cepat saji banyak dipilih dan digemari oleh konsumen. Mengkonsumsi makanan instan dalam jangka waktu yang lama akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan dan tubuh kita pada kemudian hari. Dengan mengurangi makan makanan yang instan, lalu beralih mengkonsumsi makanan sehat dan baik untuk tubuh, akan membuat hidup lebih sehat dan bahagia. Sebenarnya mencari makanan yang baik untuk kesehatan sangat mudah, berikut ini tips memilih bahan makanan yang baik dan sehat untuk tubuh :

 

Pilih Bahan Makanan yang Masih Segar

 

Jika Anda sedang mencari bahan makanan di pasar ataupun di supermarket maka, pastikan bahan makanan yang Anda beli tidak basi atau pastikan pula bahan makanan tersebut masih dalam keadaan segar. Jika bahan makan yang Anda beli dalam keadaan basi ataupun sudah terlalu lama, maka akan mempengaruhi kandungan yang ada didalam makanan tersebut. Kandungan dalam bahan makanan seperti vitamin ataupun nutrisi lainnya, akan menurun kualitasnya. Tidak menutup kemungkinan pula, makanan tersebut berjamur dan mengandung bakteri yang berbahaya.

 

Mengurangi Penggunaan MSG atau Penyedap Rasa

 

Dengan mengurangi penggunaan penyedap rasa atau MSG, akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Penyedap rasa memang akan terasa lebih enak dan mantap, jika dicampurkan pada makanan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan hal ini akan memperbesar resiko terserang berbagai macam penyakit seperti kanker, serangan jantung, gangguan pernapasan, dan kerusakan pada sistem syaraf, jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan dalam rentang waktu yang pendek secara sering.

 

Buah dan Sayur Aneka Warna

 

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin, nutrisi dan serang yang tinggi, Serat sangat di butuhkan oleh tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Ternyata dibalik berbagai warna buah dan sayuran menyimpan berbagai manfaat untuk tubuh kita, seperti buah yang berwarna merah seperti tomat, jambu biji, semangka dan stroberi dengan warnah merahnya kaya akan zat likopen, antosianin dan zat carotenoid yang mampu mencegah dari penyakit pikun dan mencegah kanker. Anda juga bisa memilih mengkonsumsi sayuran merah lainnya, seperti paprika dan bayam merah yang kaya vitamin C mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Memilih Makanan Tinggi Nutrisi

 

Nutrisi pada makanan, sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu kita harus menjaga asupan nutrisi kita tetap terpenuhi agar mendapatkan tubuh yang sehat. Anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda, dengan mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan nutrisi seperti bayam, brokoli, apel, ubi, alpukat dan tomat dipercaya memiliki asupan vitamin dan nutrisi yang tinggi.

 

Dengan memilih makanan mana yang sehat bagi tubuh kita, maka resiko terserang berbagai penyakit yang berbahaya, dapat diminimalisir. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih bahan makanan yang baik untuk tubuh dan kesehatan Anda, terima kasih.

 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once