Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya
24 Dec/2019

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda adalah orang yang suka berbelanja di pasar swalayan untuk memnuhi kebutuhan harian atau hanya sekedar berbelanja ,pasti pernah mendengar dan menggunakan kartu kredit kan? Yup, apakah Anda tahu kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit ini? Kartu plastik yang semakin marak digunakan ini memang menarik perhatian, karena akan memudahkan para pemiliknya dalam berbelanja. Nah, berikut adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan kartu kredit.

Kelebihan

Membatu mengatur pengeluaran

Jika Anda adalah salah satu tipe orang yang jarang dan susah mengatur keuangan maka ada akan terbantu saat menggunakan kartu kredit. Setiap bulan, biasanya pihak bank akan mengirimkan tagihan seluruh transaksi yang telah Anda lakukan selama sebulan terakhir. Pengiriman tagihan ini akan berfungsi untuk evaluasi atas seluruh pembelanjaan yang telah Anda lakukan. Dengan kata lain Anda bisa menghemat dan memperkecil pengeluaran bulanan Anda.

Bisa digunakan untuk keperluan darurat

Keadaan darurat memang tidak bisa diprediksi dan bisa menimpa siapa saja. Kelebihan kartu kredit yang sering dimanfaatkan adalah karena bisa digunakan untuk saat-saat darurat. Bayangkan jika Anda diharuskan untuk membayar tagihan yang sifatnya darurat, namun Anda tidak membawa uang tunai yang cukup. Kartu kredit bisa digunakan untuk saat-saat darurat seperti ini.

Potongan diskon

Bukan hal yang aneh lagi jika kelebihan dari kartu kredit adalah mendapatkan diskon. Pada saat Anda melakukan pembelian atau bahkan membayar tagihan, Anda pasti akan mendapatkan potongan belanja. Hal ini bisa terjadi melalui program promosi yang disediakan oleh bank penerbit dengan rekanannya, baik berupa apapun seperti tiket nonton hingga potongan harga saat makan di restoran.

Kekurangan

Rentan digunakan berlebih

Selain memiliki kelebihan, kartu kredit pastinya memiliki kekuranggan, salah satunya adalah rentang digunakan secara berlebih. Mudahnya menggunakan kartu kredit dapat membuat orang menjadi lebih tertarik melakukan transaksi lagi dan lagi dengan kartu kredit, tanpa memikirkan kemampuan membayar tagihan. Saat memilih untuk menggunakan kartu kredit usahakan untuk tidak menggunakannya terlalu berlebih, karena Anda tidak akan tahu seberapa besar yang Anda keluarkan karena tidak menggunakan uang cash.

Memiliki bunga

Yup, bunga yang dimaksud disini adalah bunga bank. Meskipun berbelanja dengan kartu kredit dapat memudahkan pembayaran Anda dengan cicilan, ingatlah selalu ada bunga yang dikenakan pada tagihan tersebut. Bunga ini Akan bisa membuat barang yang tadinya Anda beli akan lebih mahal dari sebelumnya, apalagi jika Anda melakukan keterlambatan pembayaran.

 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit ini, apakah Anda tertarik atau bahkan enggan untuk menggunakan kartu kredit ini?. Pastinya Anda harus mengatur pengeluaran untuk belanja dan tagihan yang harus dibayar agar tidak terbuang sia-sia karena membeli barang yang tidak berguna. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Lainnya

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana yang digunakan di awal atau biasa disebut dengan bumper da...

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Memiliki uang dan investasi di masa tua memang menjadi salah satu impian banyak orang. Namun sebagai...

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Kartu kredit saat ini memang menjadi salah satu komponen yang mempermudah sistem pembayaran di era s...

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Siapa yang tidak ingin memiliki tabungan pada saat hari tua nanti? Yup, hampir semua orang mengingnk...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once