Jauhi kredit! Apa Alasannya?
25 Dec/2019

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Kartu kredit saat ini memang menjadi salah satu komponen yang mempermudah sistem pembayaran di era super cepat ini. Banyak orang yang menggunakan kartu kredit ini untuk membeli barang- barang yang mereka butuhkan dengan cara mencicil. Walaupun terdengar mudah dan tidak memiliki kekurangan, ternyata malakukan pembelian dengan cara kredit nyatanya memiliki kerugian tersendiri, berikut adalah kerugian yang perluh Anda ketahui sebelum memiliki kartu kredit.

 

Bunga yang mahal

Sudah tidak dipungkiri lagi jika membeli barang dengan mencicil atau kredit sangatlah memberatkan bagi beberapa orang karena memiliki bunga yang cukup besar. Bahkan yang tadinya barang tersebut jika dibeli dengan cash dengan harga murah, akan menjadi lebih mahal jika Anda melakukan kredit. Solusinya adalah dengan menghindari kredit dan membeli dnegan cara cash karena akan lebih murah.

 

Biaya besar untuk menarik uang cash

Pengguna kartu kredit biasanya akan tahu bahwa akan mempermudah pembayaran belanjnaya, tetapi harus diketahui juga bahwa kartu kredit sebaiknya tidak digunakan untuk menarik uang cash di ATM karena akan memerlukan biaya yang mahal. Penarikan bisa dilakukan, tetapi umumnya dikenakan charge besar hingga mencapai sekitar Rp. 50,000 untuk setiap penarikan.

 

Kartu kredit rawan diretas

Di era teknologi seperti sekarang ini sudah tidak heran lagi jika semua alat komunikasi atau bahkan kartu kredit sekalipun belum tentu memiliki keamanan yang mumpuni. Sudah banyak cerita pembobolan kartu kredit baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pembobolan bisa menggunakan cara-cara tradisional seperti pemalsuan tanda tangan, juga bisa dengan cara canggih memanfaatkan teknologi.

 

Sifat konsumtif

Kemudahan melakukan kredit akan membuat seseorang menjadi konsumtif karena hanya membayar DP sudah bisa mendapatkan barang yang Anda inginkan. Nah, inillah yang akan membuat seseorang memiliki sifat konsumtif atau bisa juga menghambur-hamburkan uang, padahal banyak keperluan yang harus dipenuhi selain harus membeli barang-barang yang tidak diperlukan dengan cara kredit.

 

Nah, itulah beberapa hal yang akan terjadi jika melakukan kredit. Walaupun kredit memiliki kelebihan dan bisa membantu pembayaran Anda, ada kalanya Adna juga harus memperhatikan pengeluaran Anda dalam satu bulan agar tidak mengganggu tabungan masa depan Anda.

Artikel Lainnya

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana yang digunakan di awal atau biasa disebut dengan bumper da...

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Memiliki uang dan investasi di masa tua memang menjadi salah satu impian banyak orang. Namun sebagai...

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda adalah orang yang suka berbelanja di pasar swalayan untuk memnuhi kebutuhan harian atau ha...

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Siapa yang tidak ingin memiliki tabungan pada saat hari tua nanti? Yup, hampir semua orang mengingnk...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once