Telur Puyuh Untuk kesehatan Tubuh
25 Dec/2019

Telur Puyuh Untuk kesehatan Tubuh

Diantara dari Anda pasti sudah pernah mencicipi telur puyuh atau bahkan olahan telur puyuh, kan? Beberapa kuliner khas Indonesia membutuhkan telur puyuh untuk tambahan bahnnya. Dari bentuknya kita sudah bisa membedakan mana telur ayam dan mana telur puyuh karena memiliki benukuran dan corak kulit yang berbeda. Memiliki kandungan protein dan nutrisi tinggi membuat telur puyuh sering dimasukkan kedalam campuran makanan untuk menambahkan citarasa dan protein. Nah, masih banyak lagi kandungan yang ada di dalam telur puyuh ini. Yuk, simak lebih dalam tentang telur puyuh!

Manfaat telur puyuh

 

Menutrisi otak dan jantung

Siapa sangka, bahwa telur puyuh yang kecil ini, ternyata kaya akan kandungan zat besi yang mencapai 9% dari pada yang terkandung di dalam telur ayam. Zat besi sendiri mampu membantu tubuh untuk menutrisi jantung dan juga berpotensi mampu mencegah tubuh terkena serangan jantung. Tidak hanya zat besi, telur puyuh juga mengandung selenium mencapai 26%. kandungan selenium sendiri mampu menutrisi dan memperlancar kinerja otak.

 

Mempertebal sistem imun tubuh

Selain baik untuk otak dan jantung, telur puyuh juga memiliki manfaat lain yakni memperkuat sistem kekebalan tubuh. Setiap porsi telur puyuh menawarkan 119 miligram kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, seporsi telur puyuh atau setara 5 telur puyuh mampu menyajikan sekitar 22-28% kebutuhan kolin harian dan 8-10% asupan vitamin A Anda dalam sehari. Kedua kandungan ini bekerja samam memperkuat sistem imun pada tubuh Anda.

 

Salah satu sumber energi

Tubuh yang kekurangan protein akan merasa lemas dan lesu. Salah satu sumber protein terbaik adalah dari telur puyuh ini, bahkan 5 telur puyuh mengandung 6 gram protein yang setara dengan satu telur ayam. Protein diperlukan tubuh untuk dijadikan sumber energi dan menjaga stamina.

 

Kerugian

 

Selain memiliki beragam manfaat untuk tubuh, telur puyuh juga memiliki beragam resiko buruk yang mengintai tubuh. Salah satu diantara resiko buruk yang disebabkan oleh telur puyuh adalah penumpukan kolesterol jahat. Berikut ini alah beberapa resiko buruk telur puyuh bagi tubuh

Menyebabkan Insomnia

Selain memiliki manfaat untuk tubuh, telur puyuh juga memiliki efek samping tersendiri jika dikonsumsi secara terus menerus. Salah satu efek sampingnya adalah membuat seseorang mengalami insomnia. Nutrisi yang berada pada telur puyuh bisa menganggu saraf-saraf kepala dan membuat insomnia.

 

Penumpukan Kolesterol

Tidak hanya memiliki efek samping membuat insomnia, terlalu banyak mengkonsumsi telur puyuh juga bisa menumpuk kolesterol. Penumpukan kolesterol yang diakibatkan oleh mengonsumsi terlalu banyak telur puyuh akan membuat seseorang terkena stroke ringan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan dengan secukupnya dan tidak berlebihan karena akan membahayakan tubuh Anda sendiri.

 

Mengganggu ginjal

Siapa yang menyangka ternyata telur puyuh mampu mengganggu ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan protein hewani yang tinggi pada telur puyuh dapat menghambat kinerja ginjal dalam mengendalikan cairan tubuh dan penyaringan darah. Usahak untuk memenuhi asupan air minum Anda guna untuk menutrisi kesehatan gijal.

 

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengkonsumsi telur puyuh. Semua makanan memiliki manfaatnya sendiri sendiri untuk tubuh, namun akan membahayakan tubuh jika makanan tersebut dikonsumsi terlalu banyak dan terlalu sering. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan serta tidak lupa untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan Anda.

 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once