Mengenal Teknik Pengobatan Akupuntur
24 Dec/2019

Mengenal Teknik Pengobatan Akupuntur

Akupuntur adalah pengobatan yang menggunakan bantuan jarum dan alat lain untuk melakukan pengobatan. Pengobatan akupuntur ini juga sudah banyak dan Anda pun bisa menemukannya di berbagai daerah dan bahkan juga ada di kota Anda. Teknik pengobatan akupuntur ini ternyata mampu mengatasi berbagai macam penyakit, mulai dari stres, menghilangkan sakit kepala, meredakan nyeri kronis, hingga mampu mengobati insomnia. Yuk, lebih mengenal teknik pengobatan akupuntur ini.

 

Sejarah

Sejarah teknik pengobatan akupuntur ini memiliki arti di dalam namanya, "Acus" dan "punctura". Acus artinya jarum dan punctura artinya menusuk atau tusukan. Dengan kata lain Acupunctura adalah pengobatan dengan teknik menuskkan jarum-jarum ke titik-titik akupuntur tertentu sesuai dengan penyakitnya. Teknik pengobatan akupuntur ini sendiri berasal dari negara China, namun berbeda dengan sekarang yang memiliki kemajuan dalam teknologi. Dahulu, akupuntur menggunakan tanaman yang bisa menimbulkan panas yang berguna untuk merangsang titik akupuntur, namun sekarang menggunakan bantuan listrik dengan tegangan kecil sebagai alat bantunya.

 

Alat yang digunakan

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa akupuntur adalah pengobatan menggunakan bantuan jarum-jarum kecil yang ditusukkan pada titik akupuntur. Namun tidak hanya jarum, ada beberapa alat lain yang dibutuhkan dalam akupuntur, berikut adalah listnya:

 

1. Stainless steel filiform needle / Jarum dengan berbagai ukuran

2. Alkohol 70%

3. Kapas steril

4. Guide tube untuk mempermudah penusukan

5. Pinset untuk mencabut jarum

6. Flash light untuk membantu pemeriksaan

 

Proses pengobatannya

Setelah mengetahui sejarah dan alat dan bahan yang digunakan, pasti Anda penasaran dengan proses pengobatannya bukan? Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat proses akupuntur ini dari video di internet, namun sebagian orang penasaran bagaimana prosesnya. Nah, berikut adalah proses teknik pengobatan akupuntur.

 

1. Pertama, yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti kapas steril dan alkohol 70%.

2. Oleskan alkohol ke permukaan kulit yang akan dilakukan pengibatan akupuntur atau titik-titik akupuntur.

3. Nyalakan flash light untuk membantu pemeriksaan dan juga tidak lupa menggunakan guide tube untuk alat bantu menusukkan jarum pada titik akupuntur.

4. Tusukkan dengan berlahan namun sedikit menekan agar jarum benar-benar masuk kedalam permukaan kulit.

5. Beberapa pengobatan akupuntur menggunakan aliran listik berdaya kecil yang disambungkan dengan jarum satu dengan yang lainnya, untuk membuat hentakan di dalam area otot-otot yang di akupuntur.

 

Itulah sedikit sejarah dan proses melakukan akupuntur yang benar dan aman. Selain melakukan akupuntur, ada cara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat yakni dengan gaya hidup sehat sperti mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan serta sayura. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Lainnya

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Memasuki Tahun Baru 2021, Kasus Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 belum juga menemukan ...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...